MANFAAT MAKANAN ORGANIK

Daftar Isi:

Manfaat konsumsi bahan organik
terhadap kesehatan tubuh.

Saat ini makin banyak orang bertambah sadar akan pentingnya kesehatan, demikian juga akan kesadaran konsumsi bahan makanan dan minuman serta suplemen organik dan natural. Makanan dan minuman organik adalah makanan atau minuman yang dikembangkan atau diproduksi secara alamiah tanpa penggunaan obat-obatan tertentu dan tanpa rekayasa genetik, tanpa antibiotik, tanpa vaksinasi, tanpa hormon pertumbuhan dan lain-lain. Sehingga makanan atau minuman organik adalah hasil produksi yang terjaga akan alamiahnya dan hanya menggunakan bantuan perawatan secara alami saja. Sebagaimana jaman dahulu kala, manusia bercocok tanam hanya mengandalkan kesuburan tanah yang bersifal alami saja sehingga menghasilkan buah dan sayur yang lebih nikmat dan sehat.
Lalu kenapa makanan organik dan natural itu lebih sehat dan baik bagi tubuh kita?.
Ada beberapa perbedaan dalam proses produksi antara proses produksi organik dan non organik.

  • Hasil produksi organik tidak mengandung pestisida.

    Bahan kimia pestisida ini umum digunakan oleh petani pada sistem cocok tanam mereka dengan cara menyemprotkan. Sehingga bahan kimia tersebut menempel pada kulit atau daun atau batang tanaman ataupun terserap melalui akar. Beberapa bahan kimia tidak dapat dihilangkan melalui mencuci. Jika pestisida tersebut masuk ke dalam tubuh maka akan meracuni syarat sehingga menurunkan fungsi organ secara normal dalam jangka panjang.


  • Bahan organik lebih segar dan lebih enak.

    Bahan makanan atau minuman yang tidak mengandung pengawet akan terasa lebih segar dan lebih nikmat untuk dikonsumsi, kalaupun diawetkan tidak menggunakan bahan kimia namun menggunakan bahan alami saja. Dengan demikian tubuh yang diberikan bahan manakan organik cenderung tidak mengandung endapan tertentu yang dapat mempengaruhi fungsi organ tubuh.


  • Nutisi lebih tinggi

    Dari hasil studi hasil lapaoran http://organic.org bahwa hasil produksi pada buah dan sayuran organik mengandung lebih banyak nutrisi yaitu vitamin C lebih banyak 27%, Magnesium 29.3%, Fosfor 13.6%, polyphenol 18%, zat besi 21.1%. Dalam sup yang berbahan organik juga ditemukan asam salisilat lebih banyak 600%, pada sup wortel organik mengandung lebih banyak 1.040 nanogram salisilat dibandingkan dengan sup wortel non-organik sebanyak 20 nanogram salisilat.


  • Tidak mengandung antibiotik untuk hewan

    Umumnya peternak menggunakan antibiotik, hormon pertumbuhan dan makanan buatan dari bahan ampas/limbah. Penambahan antibiotik pada hewan ternak akan berpotensi timbulnya strain bakteri baru yang tahan terhadap kadar tertentu antibiotik, sehingga lama kelamaan virus akan menjadi kebal terhadap antibiotik.


  • Bukan proses rekayasa genetik

    Pengembangan tumbuhan dan hewan organik tidak melalui rekayasa genetik namun dikembangkan secara alami. Hasil para ahli bahwa tikus di laboraorium yang diberikan jagung hasil rekayasa genetika menunjukan timbulnya tumor diotak dan akhirnya mati. Sementara itu bahan organik adalah satu-satunya makanan yang bebas dari hasil persilangan tersebut.


  • Rahmah lingkungan

    Dengan proses peternakan organik dan pertanian cenderung menggunakan proses alami akan cenderung mengurani efek polusi lingkungan karena menggunakan sedikit energi.


Manfaat konsumsi makanan organik

Sekilas tentang Gluten

Super Food Chia Seed

Almon dan kecerdasan anak

Cara sehat konsumsi chia seed

Kasiat super golden flax seed